Manajemen

Struktur Organisasi dan Tata Kerja FKIP TUGAS POKOK DAN FUNGSI PADA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UPP :
  1. Dekan
  2. Pembantu Dekan
  3. Ketua Program Studi
  4. Sekretaris Program Studi
  5. Koordinator Laboratorium
  6. Kepala Unit Pelaksana Teknis
  7. Kepala Tata Usaha
 
  1. Dekan
Tugas pokok dan fungsi Dekan merencanakan, melaksanakan dan mengembangkan tugas tri dharma perguruan tinggi, yang meliputi:
  1. Memahami peraturan perundang-undangan, menetapkan kebijakan umum dan menetapkan rencana strategis dan operasional Fakultas dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi
  2. Memimpin penyelenggaraan pendidikan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat
  3. Membina dosen tenaga penunjang akademik, tenaga administrasi dan mahasiswa di tingkat Fakultas
  4. Memimpin penyelenggaraan hubungan institusional dengan lingkungan dan alumni untuk pengembangan Fakultas
  5. Memimpin penyelenggaraan administrasi Fakultas
 
  1. Pembantu Dekan
Tugas pokok dan fungsi Pembantu Dekan adalah membantu Dekan di dalam perencanaan, pelaksanaan dan pengembangan tugas-tugas kegiatan bidang akademik, administrasi umum dan keuangan serta pengembangan kegiatan kemahasiswaan dan alumni, yang meliputi:
  1. Memahami peraturan perundang-undangan, menyusun rencana dan program tahunan Fakultas dalam bidang akademik, umum dan keuangan serta pengembangan kegiatan kemahasiswaan dan alumni;
  2. Melaksanakan program kerja tahunan dan pengembangan akademik  dalam
hal sebagai berikut:
  • Penerimaan mahasiswa baru;
  • Pengusulan daya tampung mahasiswa baru;
  • Pengusulan SDM dalam kegiatan penerimaan mahasiswa baru;
  • Penyelenggaraan proses belajar mengajar (PBM);
  • Penetapan jadwal kegiatan PBM di tingkat Fakultas sesuai dengan kalender akademik Universitas;
  • Pengusulan nama dosen pengasuh mata kuliah kepada Rektor;
  • Pengkoordinasian kegiatan PBM di Fakultas dengan melibatkan unit pelaksana teknik (UPT)/ Fakultas lain/ Lembaga terkait;
  • Penyelenggaraan, pemantauan dan pelaksanaan evaluasi PBM semesteran dalam upaya peningkatan mutu hasil dan kinerja Fakultas;
  • Penyelenggaraan, pemantauan dan pelaksanaan evaluasi keberhasilan studi tahap I, II dan III dalam upaya peningkatan mutu dan hasil kinerja Fakultas;
  • Pengelolaan Transkrip lulusan dan legalisasi ijazah;
  • Penetapan dosen pembimbing tugas akhir;
  • Pembinaan dan pengembangan dosen;
  • Pengusulan kebutuhan dosen dan tenaga penunjang akademik;
  • Pembinaan dan pengembangan dosen dan tenaga penunjang akademik;
  • Pengkoordinasian kegiatan akademik mahasiswa, orientasi kegiatan ilmiah dan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru dan sejenisnya;
  • Pembinaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat;
  • Pengembangan institusi, kegiatan dan kemampuan penelitian dosen sesuai dengan bidang ilmu;
  • Pengembangan institusi dan dosen dalam bidang pengabdian kepada masyarakat;
  • Pembinaan dan pengembangan sarana penunjang pendidikan;
  • Pengembangan kurikulum di masing-masing jurusan/program studi;
  • Pengaturan pengadaan dan pengembangan laboratorium dan sejenisnya di masing-masing program studi;
  • Pengaturan pengadaan¬† dan pengembangan perpustakaan Fakultas;
  • Pengaturan Sarana dan prasarana penunjang akademik lainnya;
  • Pembinaan dan pengembangan institusi pendidikan;
  • Pengusulan peningkatan status program studi melalui mekanisme akreditasi;
  • Pengusulan usulan jurusan/program studi baru;
  • Perintisan dan pelaksanaan kerjasama dengan Perguruan Tinggi/ Instansi Pemerintah/ Swasta di dalam maupun di luar negeri;
  • Pengelolaan data akademik sebagai dasar system informasi manajemen Universitas/Fakultas;
  • Pelaksanaan evaluasi diri atas hasil kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi baik untuk kepentingan perbaikan internal maupun untuk kepentingan pengembangan peluang terciptanya kegiatan penggalangan dana (Revenue Generating Activities) bagi kemajuan FKIP pada khususnya dan UPP pada umumnya;
  1. Melaksanakan program kerja tahunan bidang administrasi umum dan keuangan, yaitu sebagai berikut:
    • Pengusulan kebutuhan tenaga administrasi;
    • Pelaksanaan pembinaan dan pengembangan tenaga administrasi di tingkat Fakultas;
    • Pelaksanaan ketatausahaan, hukum dan tata laksana di tingkat Fakultas;
    • Pengusulan pengadaan pengawasan dan evaluasi sarana penunjang penyelenggaran Tri Dharma Perguruan Tinggi;
    • Pengusulan pengadaan pengawasan dan evaluasi barang-barang perlengkapan/inventaris;
    • Pelaksanaan urusan kerumahtanggaan Fakultas;
    • Pengusulan rencana anggaran dan belanja Fakultas;
    • Pelaksanaan dan pengelolaan anggaran tingkat Fakultas;
    • Monitoring dan evaluasi pelaksanaan anggaran pendapatan dan belanja Fakultas;
  2. Melaksanakan program kerja tahunan dan pengembangan kegiatan kemahasiswaan dan alumni dalam hal sebagai berikut:
    • Penyelenggaraan kegiatan pengenalan akademik dan kehidupan mahasiswa di tingkat Fakultas;
    • Pembentukan dan pembinaan serta pengembangan kelembagaan kemahasiswaan dan alumni di tingkat Fakultas/ Program Studi;
    • Pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kegiatan mahasiswa di bidang minat/ bakat dan kesejahteraan;
    • Pelaksanaan peningkatan motivasi mahasiswa dalam menerapkan etika pergaulan kehidupan kampus;
    • Pelaksanaan peningkatan motivasi mahasiswa dalam menerapkan etika pergaulan kehidupan kampus;
    • Pelaksanaan peningkatan motivasi dosen sebagai pendamping mahasiswa;
    • Pelaksanaan pelayanan mahasiswa melalui bimbingan dan penyuluhan;
    • Pelaksanaan manajemen dan administrasi kegiatan mahasiswa tingkat Fakultas;
    • Pengelolaan data untuk penyelenggaraan system informasi kemahasiswaan;
    • Pemeliharaan stabilitas kehidupan kampus yang kondusif di tingkat Fakultas;
    • Pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kegiatan pelacakan alumni;
    • Merintis dan membuka aksesibilitas dengan pengguna lulusan sesuai dengan kualifikasi pasar kerja dalam dan luar negeri;
    • Merintis dan membuka peluang terciptanya penggalangan dana melalui pemberdayaan alumni;
    • Pengusulan pengadaan dan pemeliharaan serta penggunaan sarana dan prasarana kegiatan mahasiswa;
  3. Pemantauan, evaluasi pelaksanaan dan hasil serta menyusun laporan berkala di bidang kegiatan akademik, administrasi umum dan keuangan serta kemahasiswaan dan alumni di tingkat Fakultas;
  4. Melaksanakan tugas lain yang relevan dari atasan.
 
  1. Ketua Program Studi
Tugas pokok dan fungsi dari Ketua Program Studi, sebagai berikut:
  1. Memahami peraturan perundang-undangan menyusun kebijakan teknis, menyusun rencana dan program tahunan program studi, berkaitan dengan bidang tugasnya;
  2. Melaksanakan program kerja tahunan dan pengembangan akademik dalam hal sebagai berikut:
    • Menyiapkan usulan daya tampung mahasiswa baru sesuai dengan sumber daya yang dapat digunakan;
    • Menyiapkan dan melaksanakan kegiatan PBM di program studi, meliputi:
      • Mengusulkan jadwal kegiatan PBM di tingkat program studi sesuai dengan kalender akademik Universitas;
      • Pengaturan tugas mengajar masing-masing dosen pada setiap awal semester;
      • Penyiapan usulan nama pengasuh mata kuliah pada setiap awal semester.
 
  1. Sekretaris Program Studi
Adapun tugas pokok dan fungsi dari Sekretaris Program Studi, sebagai berikut:
  1. Memahami peraturan perundang-undangan, menyusun kebijakan teknis dan menyusun rencana dan program kerja tahunan program studi berkaitan dengan bidang tugasnya;
  2. Melaksanakan program kerja tahunan dan pengembangan akademik dalam hal sebagai berikut:
    • Menyiapkan usulan daya tampung mahasiswa baru sesuai dengan sumber daya yang dapat digunakan;
    • Menyiapkan dan melaksanakan kegiatan PBM di Program Studi, meliputi;
      • Mengusulkan jadwal kegiatan PBM di tingkat Program Studi sesuai dengan kalender akademik Universitas;
      • Pengaturan tugas mengajar masing-masing dosen pada setiap awal semester;
      • Penyiapan usulan nama dosen pengasuh mata kuliah pada setiap awal semester;
      • Pemantauan rencana perkuliahan kepada masing-masing dosen pengasuh mata kuliah;
      • Penugasan dosen wali dalam tugas perwalian pendaftaran ujian pengawasan mutu;
      • Pengusulan dosen pembimbing tugas akhir;
      • Pemantauan pelaksanaan perkuliahan, praktikum dan tugas akademik lainnya serta pelaksanaan ujian semester/ ujian pengawasan mutu;
      • Pelaksanaan evaluasi PBM (semester) dalam upaya peningkatan mutu hasil dan kinerja program studi;
      • Pelaksanaan evaluasi keberhasilan studi sesuai dengan ketentuan yang berlaku di masing-masing Program Studi.
        1. Pengaturan beban tugas rutin dosen sesuai dengan kewenangan akademik;
        2. Penyiapan pengusulan peningkatan status Program Studi melalui mekanisme akreditasi;
        3. Penyusunan usulan pengembangan kurikulum Program Studi;
        4. Penyusunan dan pengelolaan data akademik sebagai dasar pengembangan sistem manajemen Universitas/Fakultas/Lembaga/UPT;
        5. Pelaksanaan kegiatan akademik mahasiswa, pelaksanaan orientasi kegiatan ilmiah dan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru atau sejenisnya;
        6. Pelaksanaan evaluasi diri atas hasil pelaksanaan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi, baik untuk kepentingan internal maupun kepentingan pengembangan peluang terciptanya kegiatan penggalangan dana bagi kepentingan program studi pada khususnya dan fakultas pada umumnya;
        7. Program kerja tahunan mahasiswa dan pengembangan kegiatan kemahasiswaan dalam hal sebagai berikut:
          • Pelaksanaan kegiatan pengenalan akademik dan kehidupan mahasiswa;
          • Pelaksanaan kegiatan mahasiswa di tingkat Program Studi;
          • Pelaksanaan peningkatan motivasi mahasiswa dalam menerapkan etika pergaulan kehidupan kampus;
          • Pengelolaan data untuk penyelenggaraan sistem informasi kemahasiswaan (SIMAWA);
          • Pemeliharaan stabilitas kehidupan kampus yang kondusif di tingkat Program Studi;
          • Pelaksanaan kegiatan pelacakan alumni (tracer study);
          • Merintis dan membuka aksesibilitas dengan pengguna lulusan sesuai dengan standar kualifikasi;
          • Merintis dan membuka peluang terciptanya penggalangan dana melalui pemberdayaan alumni;
          • Pemantauan, evaluasi proses serta menyusun laporan berkala di bidang pelaksanaan tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi di tingkat Program Studi;
          • Melaksanakan tugas lain yang relevan dari atasan.
 
  1. Kepala/ Koordinator Laboratorium
Tugas pokok dan fungsi Koordinator Laboratorium antara lain:
  1. Memahami peraturan perundang-undangan, menyusun kebijakan teknis dan menyusun rencana dan program kerja tahunan laboratorium berkaitan dengan bidang tugasnya;
  2. Melaksanakan program kerja tahunan dan pengembangan akademik dalam hal sebagai berikut:
    • Menyiapkan dan melaksanakan kegiatan PBM di laboratorium, meliputi
      • Pengaturan jadwal kegiatan PBM di tingkat Program Studi sesuai kalender akademik Universitas;
      • Pengaturan tugas mengajar masing-masing dosen pada awal setiap awal semester;
      • Usulan nama dosen pengasuh mata kuliah pada setiap awal semester;
      • Pemantauan rencana perkuliahan dan praktikum kepada masing-masing dosen pengasuh mata kuliah praktikum di Laboratorium.
 
  1. Kepala Unit Pelaksana Teknis
Adapun tugas pokok dan fungsi dari Kepala Unit Pelaksana Teknis adalah bertangung jawab atas setiap kegiatan pelaksanaan sesuai dengan Unit yang dipimpinnya.
  1. Kepala Tata Usaha
Adapun tugas pokok dan fungsi dari Kepala Tata Usaha, sebagai berikut yaitu bertanggung jawab dalam :
  • Administrasi Surat Masuk dan Surat keluar;
  • Pengetikan surat-surat yang berhubungan dengan kegiatan fakultas;
  • Mempersiapkan Daftar Hadir Mahasiswa per mata kuliah/ per dosen pada setiap program studi;
  • Mempersiapkan Daftar Hadir Dosen per mata kuliah setiap semester;
  • Mengarsip biodata dosen tetap, tidak tetap dan dosen tamu;
  • Mempersiapkan kelengkapan ujian UTS dan UAS (daftar berita acara ujian, absen pengawas, absen mahasiswa, lembar jawaban, menggandakan soal ujian);
  • Melayani Daftar ulang Mahasiswa baru mau pun yang lama;
  • Membuat Buku Induk Mahasiswa setiap Program Studi.
  • Membuat dan merekap absen kehadiran dosen dan karyawan perbulannya.
  • Membuat SK Beban Mengajar Dosen Tetap/ Tidak Tetap dan Praktikum setiap semester per program studi.
  • Mengentry data SK 034 dan SIPTK (EPSBED).
  • Mengentri nilai UAS ke Kartu Hasil Ujian Semester setiap Program Studi.
  • Print-out KHS.
  • Melaksanakan tugas lain yang relevan dari atasan.