Profil FKIP

Profil : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) merupakan salah satu fakultas yang ada di Universitas Pasir Pengaraian (UPP). Sebagai fakultas dari perguruan tinggi yang telah berdiri ± 6 tahun dan terus berkembang hingga saat ini, maka FKIP UPP menyadari sepenuhnya untuk selalu berwawasan luas dan jauh ke depan, tanpa meninggalkan lokal konten, serta memiliki kandungan niat yang kuat dan tinggi untuk memajukan pendidikan di Rokan Hulu secara khusus, dan Indonesia pada umumnya. FKIP UPP memiliki Visi, Misi dan Tujuan yang jelas, serta realistis terutama dalam menghadapi era globalisasi yang penuh tantangan saat ini dan di masa mendatang. Penyusunan Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran FKIP yang prosesnya dilakukan mulai tahun akademik 2010/2011, ketika FKIP mengajukan pendiriannya ke Kementerian Pendidikan Nasional untuk mendapatkan izin operasional dari Dirjen Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional. Dalam perjalanannya, setelah FKIP UPP mendapatkan izin operasional, maka draft Visi, Misi, Tujuan dan  Sasaran FKIP disempurnakan kembali. Sumber utama penyusunan Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran FKIP UPP  adalah:
  1. Visi dan Misi Universitas Pasir Pengaraian
  2. Visi dan Misi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  3. Pandangan dan harapan pemangku kepentingan (stakeholder), baik itu inside stakeholder (Dosen, Mahasiswa, Karyawan) maupun outside stakeholder (Industri, sekolah-sekolah, masyarakat maupun pemerintah) yang disampaikan dalam rapat, dialog, pertemuan dan diskusi-diskusi yang diadakan.
Pada dasarnya draft awal Visi dan Misi, Tujuan dan Sasaran FKIP diturunkan dari Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran UPP. Para pimpinan fakultas dan universitas bersama dengan Yayasan melakukan rapat setiap tahun untuk meninjau kembali ketercapaian visi, misi dan nilai yang telah dicanangkan pada tahun sebelumnya. Bilamana dirasakan visi dan misi tersebut telah tercapai, maka pimpinan mulai melakukan rapat kerja untuk membahas visi dan misi yang baru untuk dicapai tahun berikutnya. Visi dan misi yang telah dicanangkan tersebut, kemudian dijabarkan dalam bentuk Rencana Strategis (Renstra) sampai dengan program kerja bagaimana mencapai visi dan misi tersebut Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran FKIP  yang telah disusun atau direvisi dipresentasikan dan didiskusikan di depan Rektor, Pembantu Rektor dan Yayasan Pembangunan Rokan Hulu (YPRH) dan stakeholders lainnya. Tujuan dari sesi presentasi dan diskusi itu adalah untuk mencari masukan dan penyelarasan dengan unit-unit yang lain. Hasil dari penyelarasan ini merupakan rumusan formal dari Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan