• Posted: 2022-12-23 09:56:35
  • By: administrator49
  • Readed: 313

Kolaborasi Inpirasi Mahasiswa, FKIP dan Fakultas Teknik Lakukan Kuliah Lintas Prodi

PASIRPENGARAIAN – Untuk menginpirasi mahasiswa Pada Kamis (22/12/2022) Program Studi (Prodi) Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) berkolaborasi dengan Prodi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Pasir Pengaraian (UPP) melaksanakan program Collaborative Learning Berbasis SCL.

Dimana  kolaborasi dua Program Studi di UPP itu dengan mata kuliah tentang pengecoran logam, termodinamika teknik (Prodi Teknik Mesin) dan Mekanika (Prodi Pendidikan Fisika) yang diampu Dekan Fakultas Teknik Universitas Pasir Pengaraian Dr Purwo Subekti MT sekaligus juga selaku dosen di Prodi Teknik Mesin.

Dekan FKIP Dr Pipit Rahayu MPd kepada Riauposting.id, Jumat (23/12/2022) mengatakan, Program kuliah lintas Prodi dalam Perguruan Tinggi (PT) itu murapakan wujud implementasi dari Kurikulum yang terintegrasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang memberikan hak 3 Semester kepada mahasiswa utuk dapat belajar diluar Program Studi.

“Hak 3 Semester ini yaitu satu Semester mahasiswa dapat belajar di Luar Program studinya di disiplin ilmu yang berbeda namun didalam Perguruan Tinggi yang sama, kedua mahasiswa dapat belajar di Program studinya yang sama di Perguruan Tinggi yang Berbeda,” tutur Pipit.

“Ketiga mahasiswa dapat belajar dan mengaplikasikan ilmunya di DUDI (Dunia Usaha dan Dunia Industri), Instansi mapupun Dinas Dinas pemerintah yang terkait ilmu disiplin mereka,” tambah Mantan Duta Wisata Tingkat Nasional itu.

Dekan FKIP UPP yang merupakan Duta Kampus Merdeka tingkat Nasional itu menambahkan, bahwa wujud kegiatan pembelajaran ini dapat menjadi poin plus untuk kedua program studi dalam mengahdapi Akreditasi Prodi nantinya. Selain itu, aktivitas ini sangat mendukung Motto FKIP 2022-2026 yaitu Berkolaborasi Menginspirasi.

Sementara itu, Dekan Fakultas Teknik UPP Dr Purwo Subekti MT sebagai dosen pengampu mata kuliah lintas Prodi menambahkan, bahwa kegiatan pembelajaran ini dilakukan dalam kurun waktu 1 semester.

“Pada akhir dari pembelajaran ini kedua mahasiswa dari prodi yang berbeda ini menghasilkan sebuah artikel yang sekarang 2 diantara mereka telah diterima pada Jurnal Nasional terakreditas SINTA 6,” paparnya.

Pada kegiatan itu turut hadir Ketua Program Studi Pendidikan Fisika UPP Hamid Syahropi MPd didampingi Dekan FKIP UPP memberikan Penghargaan kepada Fakultas Teknik sebagai wujud Apresiasi dari FKIP UPP.

Tags: