• Posted: 2022-12-12 14:26:56
  • By: administrator49
  • Readed: 333

Pentingnya Pendidikan Bahasa Inggris bagi Seorang Mahasiswa

PASIRPENGARAIAN – Pendidikan Bahasa Inggris merupakan salah satu aspek penting yang dimiliki oleh mahasiswa. Selain merupakan bahasa Internasional yang akan menunjang komunikasi dengan orang lain, terlebih saat ini banyak referensi penunjang perkuliahan yang menggunakan bahasa Inggris. Sehingga mahasiswa perlu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris.

Pernyataan itu disampaikan Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Pasir Pengaraian (UPP), Dr Pipit Rahayu MPd kepada Riauposting.id, Senin (12/12/2022) petang.

Menurut Pipit, Pendidikan Bahasa Inggris tidak hanya digunakan untuk berkomunikasi secara langsung tetapi juga menunjang mahasiswa untuk meningkatkan pengetahuannya dan perkuliahannya.

“Saat ini referensi-referensi terbaru kebanyakan adalah berbahasa Inggris baik cetak maupun online. Selain itu seringkali di kampus diadakan seminar,” jelasnya.

Oleh karena itu, sambung Mantan Dara Provinsi Riau itu, mahasiswa harus meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dengan melakukan berbagai aktivitas terkait dengan hal-hal tersebut.

“Aktivitas dengan menuliskan artikel, mengikuti diskusi, debat maupun pidato bahasa Inggris. Hal itu selain akan meningkatkan kemampuan bahasa Inggris juga pengetahuan secara keseluruhan. Misalnya lomba pidato, selain harus pandai berbahasa Inggris, juga harus menguasai tema, kemudian berani berbicara di depan umum dan lainnya,” ujarnya.

Duta Wisata Indonesia tingkat Nasional itu menambahkan, bahwa kemampuan bahasa Inggris juga dapat dioptimalkan dengan mengikuti lomba debat bahasa Inggris. Lomba debat bahasa inggris juga dapat memberikan motivasi terkait pentingnya bahsa Inggris.

“Dimana dalam lomba debat khususnya bahasa Inggris, peserta selain memiliki kemampuan bahasa Inggris juga harus mampu mengasah pengetahuan serta berfikir kritis. Dia juga harus berani mengemukakan pendapat dan paham mengenai apa yang sudah disampaikan,” katanya.

Mantan Dara Rokan Hulu itu juga mengaku, bahwa dengan mengikuti perkuliahan di FKIP UPP, terkhusus Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris tentunya para mahasiswa akan diajar lebih bagaimana mampu menguasai dialog menggunakan bahasa inggris.

“Upaya lain dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UPP untuk mengoptimalkan kualitas mahasiswa di bidang bahas Inggris juga mendatangkan pakar-pakar bahasa Inggris seperti Prof Juffrizal dari Universitas Negeri Padang dan beberapa guru besar lainnya dari perguruan tinggi ternama,” ungkap Pipit.

Tags: